Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga di Atas 100% dengan Fitur Loudness Equalization

Pengin suara laptop jadi kencang dan menggelegar? Coba aktifin fitur enhancements di laptop

Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga di Atas 100% dengan Fitur Loudness Equalization
Febri Penulis

Pernah kah kamu merasa kalau suara di laptop jadi kecil dan tidak jelas? Kamu ingin tahu solusi cara memperbesar suara laptop hingga di atas 100%? Jika ingin tahu caranya, simak saja artikel tutorial Windows 10 di laptop yang akan saya tulis kali ini.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara memperbesar suara laptop hingga di atas 100%, silakan ikuti panduan berikut: Tekan tombol Windows + S > Ketik Settings dan klik menu Open > Klik menu Sound Control Panel pada menu Related Settings > Pilih Speaker atau Playback yang kamu gunakan > Klik tombol Properties > Pilih tab menu Enhancements > Checklist menu Bass Boost, Headphone Virtualization, Virtual Surround, dan Loudness Equalization > Selesai, kamu telah berhasil memperbesar suara laptop hingga batas maksimum.

Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga di Atas 100% Melalui Sound Settings

Kamu sudah tahu belum kalau di laptop kita bisa memperbesar suara speakernya hingga lebih dari 100% loh, jadi untuk kamu yang punya masalah speaker kecil atau suaranya kurang kencang. Kamu bisa coba cara yang akan saya bagikan di artikel kali ini.

Untuk panduan lengkap cara memperbesar suara laptop hingga di atas 100%, kamu bisa lakukan pengaturan sound atau megaktifkan fitur enhancement pada speaker atau headphone yang kamu gunakan di laptop. Bagaimana caranya? Silakan baca perlahan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + S pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketik Sound Settings > Klik Open.
  3. Klik menu Sound Control Panel pada bagian Related Settings yang ada di sebelah kanan menu Sound Settings.
  4. Pilih Perangkat yang kamu gunakan untuk Playback. Misal,
    • Headphones
    • Speakers
  5. Klik tombol Properties.
  6. Pada menu Headphones Properties atau Speakers Properties, klik tab menu Enhancements.
  7. Lalu pilih atau Checklist fitur Bass Boost, Headphone/Speaker Virtualization, Virtual Surround, dan Loudness Equalization.
  8. Masih di tab menu Enhancements, kemudian kamu klik tombol Settings.
  9. Pada menu Bass Boost Settings, kamu bisa atur
    • Frequency: 125Hz (Rekomendasi dari saya)
    • Boost Level: 15dB (Rekomendasi dari saya)
  10. Klik OK pada pengaturan Bass Boost Settings.
  11. Klik Apply untuk menyimpan pengaturan dari suara laptop yang sudah kamu atur tadi.
  12. Lalu klik OK dan selesai, kamu telah berhasil memperbesar suara laptop hingga di atas 100%.
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan God Mode (Mode Tuhan) di Windows 10 Dengan Mudah
  • Penting
    Pilihan perangkat pada Playback tergantung perangkat yang kamu gunakan, di sini saya menggunakan speaker bluetooth jadinya kebaca headphone. Dan untuk pengaturan frequency dan boost level bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, lalu untuk fitur Virtual Surround ini tergantung apakah laptop kamu mendukung teknologi Surround Sound atau tidak.

Cara Memperbesar Suara Laptop Lebih dari 100% Menggunakan VLC Player

Jika sebelumnya kamu bisa memperbesar suara laptop melalui pengaturan sound di Windows, tutorial itu cocok dilakukan sama orang yang membutuhkan suara bawaan laptop yang kencang misal untuk menjalankan aplikasi audio editor di Windows.

Namun jika kamu ingin menonton film atau mendengarkan lagu dengan aplikasi iTunes di laptop Windows 10, saya sarankan menggunakan aplikasi VLC player saja. Aplikasi VLC tersedia untuk laptop Windows dan macOS, bahkan untuk smartphone pun VLC versi mobile juga ada.

Jika kamu mencari aplikasi alternatif VLC yang bisa memaksa laptop mengeluarkan suara di atas 100% atau hingga 125%, saya jawab sih tidak ada. Jika pun ada, saya akan tetap rekomendasikan kamu untuk menggunakan VLC player saja karena memang sebagus itu aplikasinya untuk dipasang di laptop.

Di aplikasi VLC player kamu bisa memutar .MP3 dan film dengan berbagai ekstensi .MP4, .MKV, .WMV, .AVI dan berbagai macam format video lainnya.

Fitur dan pengaturan yang diberikan sama VLC player menurut saya lebih dari cukup untuk kelas aplikasi gratisan yang bisa kamu unduh di Microsoft Store untuk pengguna Windows, dan untuk mobile seperti Android di Google Play Store dan Apps Store untuk pengguna macOS/iOS.

Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga Diatas 100% Menggunakan Aplikasi VLC

FAQ: Pertanyaan Seputar Pengaturan Suara di Laptop

Bagaimana caranya memperbesar suara laptop yang kecil?

Untuk memperbesar suara laptop yang kecil kamu bisa mengatur suaranya di sound setting dan mengaktifkan fitur enhancements seperti boost level dan loudness equalization atau kamu bisa menggunakan aplikasi seperti VLC player.

Apakah aman memperbesar suara laptop lebih dari 100% hingga 125%?

Aman tidaknya pasti kurang tahu, karena saya sendiri untuk pengaturan sound atau audio di laptop cuma sampai 60% saja. Soalnya suara speaker dan laptop yang 60% saja sudah kencang banget jadi tidak butuh hingga 100% lebih, namun jika ingin tetap memaksa. Saya sarankan untuk tidak digunakan lebih dari 30 menit atau terus menerus.

Baca Juga:  Rilis Makin Dekat, Tab File Explorer di Windows 11 Masuk Uji Coba Beta

Bagaimana caranya mengatasi volume suara laptop yang kecil?

Saran saya coba kamu instal ulang driver sound di laptop lalu cek apakah speaker laptop bermasalah atau tidak. Jika sudah dilakukan kedua hal tersebut, terakhir tinggal aktifkan fitur loudness equalization di laptop.

What’s Next: Suara Laptop Jadi Lebih Kencang

Kurang lebih seperti itu cara memperbesar suara laptop hingga di atas 100% menggunakan fitur loudness equalization di sound settings yang ada di Windows 10. Ini termasuk fitur bawaan windows 10, teknologi ehancements pada suara yang dihasilkan laptop memang mantab banget.

Speaker laptop jadi bisa terdengar lebih kencang dan keras, suara yang dihasilkan pun jadi lebih optimal berkat teknologi enhancements audio. Wajib sih ini fitur diaktifkan kalau kamu mau mendengar suara laptop dari yang awalnya kecil dan kurang jelas jadi suara lebih keras dan kencang.

Saya suka menulis artikel tentang tutorial Windows 10 atau laptop seperti ini, sebelumnya saya sudah membahas juga cara melihat kapasitas penyimpanan Windows 10 dengan mudah dan cara masuk safe mode Windows 10.

Masih banyak lagi artikel yang saya tulis di urbandigital, jika kamu punya pertanyaan seputar laptop atau tentang tutorial di artikel ini, jangan ragu untuk disampaikan melalui kolom komentar ya. Supaya nanti bisa kita diskusikan bersama dan jika ingin ilmu komputer kamu upgrade, jangan lupa ikuti saya di urbandigital ya.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.