ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

Cara Mengganti Keyboard Android & iOS dengan Mudah dan Cepat

Ganti tampilan keyboard ponsel jadi lebih menarik supaya tidak mudah bosan

Cara Mengganti Keyboard Android & iOS dengan Mudah dan Cepat
Avatar of Febri
Febri Content Writer

Keyboard bawaan memang sudah nyaman digunakan sejak lama, namun untuk sebagian orang ingin mengganti tampilannya. Jadi tidak heran jika ada yang mencari cara mengganti keyboard Android dan juga ponsel iPhone.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara mengganti keyboard Android dengan cepat, kamu bisa ikuti langkah berikut: Buka Pengaturan > Pilih menu Sistem > Masuk ke menu Bahasa & Input > Tap menu Keyboard virtual > Pilih aplikasi Keyboard yang sudah kamu siapkan > Aktifkan > Selesai.

Tutorial Cara Mengganti Keyboard Android & iOS

Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu kiranya kami jelaskan bahwa keyboard bawaan biasanya sudah bisa mempelajari kebiasaan kita mengetik. Termasuk kata yang sering kita pakai, pola kalimat, dll. Hal ini juga terkait dengan bahasa apa yang kita gunakan di keyboard tersebut.

Unduh ¬†dan instal terlebih dulu aplikasi keyboard alternatif yang ingin kamu gunakan. Bisa lihat di Play Store di kategori Tools > Sesuaikan Keyboard, atau cari dengan kata ‘keyboard’. Silakan coba¬†satu-satu aplikasinya, lalu¬†ikuti langkah di bawah ini (setelah mengetahui cara mengganti keyboard Android, akan lebih mudah mencoba aplikasi keyboard lain).

Paling tidak ada tiga cara mendasar untuk mengganti keyboard di HP Android. Biasanya keyboard bawaan di tiap Android itu selalu menggunakan keyboard GBoard, jadi tidak heran kalau dari beberapa pengguna ada yang merasa bosan dengan tampilannya dan ingin mengubah tampilan keyboard di HP miliknya.

1. Tutorial Mengganti keyboard di HP Android

a. Cara mengganti keyboard di Android 12 ke bawah

Cara Mengganti Keyboard Android & iOS dengan Mudah dan Cepat
  1. Masuk ke Setting > Personal > Language & Input.
  2. Di halaman itu, cari kategori Keyboard & Input Methods.
  3. Di sana akan terlihat aplikasi keyboard yang sudah kamu unduh.
  4. Pilih Keyboard yang kamu inginkan.
  5. Selesai, kamu telah berhasil mengganti Keyboard di ponsel Android.
  • Penting
    Harap perhatikan, panduan yang tertulis di sini berdasarkan sistem operasi Android murni (stock Android) versi 6.0 Marshmallow, dan bermula dari keyboard bawaan (Gboard).

Untuk keyboard yang kamu unduh, kamu bisa masuk ke pilihan aplikasi yang bersangkutan untuk mengaturnya sesuai kesukaanmu. Untuk memilih aplikasi tersebut jadi keyboard yang digunakan, masuk ke pilihan Current keyboard, dan pilih aplikasi yang sudah kamu unduh tadi.

Ketika memilih keyboard, kemungkinan besar akan ada pop-up konfirmasi untuk ijin mengakses data tertentu. Biasanya berhubungan dengan bagaimana kita menggunakan keyboard tersebut. Izinkan saja untuk memperlancar proses penggantian keyboard.

b. Cara mengganti keyboard di Android 12 ke atas

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Tap menu Sistem.
  3. Pilih menu Bahasa & Input.
  4. Pada menu Keyboard, tap Keyboard Virtual.
  5. Pilih Keyboard yang kamu inginkan.
  6. Selesai, kamu telah berhasil mengganti keyboard di HP Android.

Pada panduan di atas ini saya menggunakan smartphone gaming ROG Phone 6 Android 13, di mana UI -nya sendiri menggunakan stock Android. Jadi saya rasa panduan ini bisa mewakili tampilan pengaturan smartphone saat ini atau yang akan datang.

b. Cara mengganti keyboard melalui tombol shortcut space di keyboard

Cara Mengganti Keyboard Android & iOS dengan Mudah dan Cepat
  1. Buka keyboard dengan mengetik di salah satu aplikasi seperti mengetik alamat website browser atau kamu bisa coba mengetik seperti saat ingin mengirim pesan WhatsApp ke nomor sendiri misalnya.
  2. Tekan lama tombol Spasi atau tekan tombol keyboard ‚Ć® di bilah navigasi.
  3. Pilih Aplikasi Keyboard yang sudah kamu unduh tadi (langkah ini sama seperti melalui Setting).
  4. Keyboard sudah berganti.

Kalau kamu sudah memahami cara mengganti keyboard Android, silakan mencoba-coba aplikasi keyboard lain yang ada di Play Store.

Harap diingat, aplikasi keyboard pihak ketiga bisa memiliki tampilan dan posisi tombol yang berbeda dengan keyboard bawaan (Gboard). Begitu pun dengan dukungan bahasanya. Sekedar catatan, saya menggunakan tiga bahasa di keyboard: Indonesia, Jawa, dan Inggris.

  • Penting
    Untuk diketahui kalau sebenarnya penggunaan aplikasi keyboard Android itu tidak aman jika kamu sembarangan mengunduh file keyboardnya dari pengembang yang tidak diketahui asal usulnya dengan jelas, jadi perlu berhati-hati saat ingin mengunduh dan mencoba ganti keyboard smartphone Android kamu.

2. Tutorial mengganti keyboard di iPhone (iOS)

Cara Mengganti Keyboard Android & iOS dengan Mudah dan Cepat

Unduh dan instal dulu aplikasi keyboard iOS pilihanmu. Setelah itu, untuk menambah keyboard baru ke perangkat, masuk ke Settings > General > Keyboard > Keyboards > Add a New Keyboard. Lalu pilih aplikasi yang sudah kamu unduh tadi dari daftar aplikasi keyboard pihak ketiga.

Untu panduan mengganti keyboard di iPhone, kamu bisa ikut langkah-langkah berikut:

  1. Buka Keyboard dengan mengetik di salah satu aplikasi (di browser atau aplikasi kirim pesan).
  2. Tekan lama tombol Bahasa yang berada di sebelah kanan tombol ikon Numeric.
  3. Pilih aplikasi Keyboard yang sudah kamu unduh tadi.
  4. Selesai, kamu telah berhasil mengganti keyboard di iPhone dengan mudah dan cepat.

Kamu juga bisa mengatur urutan keyboard di koleksimu. Melalui Settings > General > Keyboard > Keyboards > Edit, geser keyboard bersangkutan (paling atas adalah keyboard utama yang digunakan), dan simpan.

Harap diperhatikan, Apple mengingatkan bahwa kadang aplikasi keyboard pihak ketiga tidak muncul saat digunakan:

  1. Jika pengembang aplikasi tertentu tidak mengijinkan penggunaan keyboard pihak ketiga.
  2. Jika mengetik di bidang teks aman (seperti password).
  3. Jika menggunakan panel angka, bukan keyboard tombol teks.

Dalam kasus seperti itu, keyboard bawaan akan muncul dan digunakan sampai proses mengetik itu selesai. Sebenarnya aplikasi keyboard bawaan iPhone itu sudah bagus, kita bisa mengetik tanda pangkat di keyboard iPhone dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan sama keyboard bawaan iOS.

What’s Next: Ganti Tampilan Keyboard Jadi Lebih Menarik Lagi

Kurang lebih seperti itu cara mengganti keyboard Android dan cara mengganti keyboard iPhone, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti keyboard di Android ataupun iPhone. Kamu bisa pilih mana panduan yang cukup mudah untuk diikuti.

Perlu saya ingatkan kembali, jika ingin menggunakan keyboard pihak ketiga, pastikan kamu tahu konsekuensi yang harus kamu terima. Misal, data kamu diambil oleh pihak pengembang keyboard karena setiap kegiatan atau tindakan yang kamu lakukan dengan keyboard di ponsel kamu akan direkam.

Karena itu banyak pengembang yang berlomba-lomba membuat aplikasi keyboard serupa, padahal sudah ada keyboard bawaan Android dan juga keyboard bawaan iPhone (iOS). Jadi pastikan kembali saat kamu sudah memutuskan untuk menggunakan keyboard pihak ketiga.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke¬†[email protected].¬†Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman¬†urbandigital¬†di Google News.