10 Film Pencurian Terbaik Yang Seru Ditonton

usual suspects film pencurian terbaik

Film pencurian, atau istilah kerennya heist movies, biasanya seru ditonton karena penuh trik, intrik, menegangkan dan seringkali punya akhir yang mengejutkan. Kali ini kami memilih beberapa film pencurian terbaik yang memang seru untuk ditonton.

Film pencurian sendiri merupakan subgenre dari film kriminal. Biasanya film ini memiliki jalan cerita yang menekankan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu usaha pencurian (perampokan). Tidak jarang tokoh-tokoh di film ini terbagi menjadi beberapa pihak. Baik pelaku, korban, pencuri/perampok lain, polisi, dll. Inilah yang membuat film pencurian penuh dengan intrik.

Ada banyak film bertema pencurian. Bahkan film Ant-Man dari Marvel pun disebut sebagai salah satunya. Ah, tapi kali ini kita tidak membahas film superhero Marvel. Ini adalah film pencurian terbaik.

Ocean’s Eleven

ocean's eleven

Ocean’s Eleven¬†bercerita tentang perampokan 3 buah kasino di Las Vegas oleh Danny Ocean dan 10 rekannya. Film ini memiliki resep heist movie klasik. Perencanaan, proses pencurian, konflik, dan ending-nya menyenangkan ditonton. Dibuat berdasar film berjudul sama di tahun 1960, Ocean’s Eleven kemudian memiliki beberapa film lanjutan, yaitu Ocean’s Twelve, Ocean’s Thirteen, dan Ocean’s 8 (spin-off versi perempuan).

The Usual Suspects

usual suspects film pencurian terbaik

The Usual Suspects¬†sering dimasukkan sebagai film misteri neo-noir. Pencurian hanya menjadi kemasan dari konflik sebenarnya. Walau begitu, film ini sangat terkenal karena plot yang cerdik dan tidak diduga. The Usual Suspects pun menjadi film favorit banyak orang. Bahkan, Keyser S√∂ze ‚ÄĒ tokoh misterius di film ini ‚ÄĒ menjadi kode cheat di game WarCraft 3. Film ini merupakan salah satu film favorit saya.

The Italian Job

the italian job

The Italian Job bercerita tentang sekelompok perampok yang mencuri emas dari mantan rekannya sebagai balas dendam atas pengkhianatannya dulu. Film ini merupakan remake dari film berjudul sama di tahun 1969. Selain intrik yang menarik, kejar-kejaran menggunakan mobil Mini Cooper di film ini juga seru dilihat.

Snatch

Snatch

Snatch adalah film khas Guy Ritchie. Punya dua plot yang bersinggungan. Yang pertama tentang pencarian permata hasil curian, yang kedua tentang promotor tinju yang ditekan oleh kelompok gangster. Walau tidak memiliki plot heist movie klasik, Snatch memiliki jalan cerita yang cepat, seru, dan juga lucu. Salah satu yang terkenal dari film ini adalah cara bicara Mickey (Brad Pitt) yang unik. Film ini juga merupakan favorit saya.

Now You See Me

now you see me

Now You See Me bercerita tentang pencurian yang dilakukan oleh empat pesulap yang disebut Four Horsemen. Pencurian di film ini unik karena menggunakan trik sulap. Lalu plot ceritanya sendiri juga tidak kalah menarik. Film ini sukses dan memiliki sekuel berjudul Now You See Me 2.

Baby Driver

Baby Driver

Baby Driver bercerita tentang seorang pengemudi kawanan perampok (getaway driver) yang ingin pensiun setelah hutangnya terbayar lunas. Namun usahanya itu ternyata tidak mudah. Memang inti ceritanya bukan pada proses pencurian itu sendiri. Namun adegan kejar-kejaran mobil di film ini seru dan akhir film juga tidak mudah ditebak.

Logan Lucky

logan lucky

Logan Lucky¬†bercerita tentang pencurian hasil penjualan tiket acara balap mobil oleh dua orang kakak beradik dan teman-temannya. Berasal dari sutradara seri Ocean’s, film ini juga punya resep yang mirip, walau eksekusinya berbeda. Tokoh dan masing-masing konfliknya juga menarik disimak.

Inside Man

inside man

Inside Man merupakan film perampokan bank yang membuat penasaran. Trik perampokan di film ini awalnya nampak cukup klasik. Namun di tengah-tengah, baru nampak kalau tidak seperti yang terlihat. Bahkan, tidak ada yang dicuri dari bank tersebut. Baru di akhir film kita tahu apa yang terjadi. Didukung oleh pemain berkelas, Inside Man memang layak ditonton.

Inception

inception

Inception memang film luar biasa. Pencurian yang ada di sini adalah pencurian informasi dengan masuk ke bawah sadar korban. Tapi sebenarnya bukan itu inti ceritanya. Christopher Nolan bermain-main dengan ide, jalan cerita, dan visualisasi yang kompleks. Begitu kompleks sampai berbagai teori muncul di internet.

Reservoir Dogs

Reservoir Dogs

Reservoir Dogs adalah sebuah film independen besutan Quentin Tarantino (bahkan ada yang bilang film independen terbaik sepanjang masa). Nama tersebut jelas menjamin kalau film ini bukanlah film “normal”. Toh, film ini juga sering masuk di daftar film pencurian terbaik.

Reservoir Dogs bercerita tentang proses pencurian permata. Namun, proses pencurian itu sendiri tidak ditunjukkan. Yang kita lihat adalah kejadian-kejadian sebagai akibat dari pencurian tersebut. Sedikit peringatan, film ini memiliki adegan yang kekerasan yang brutal.


Daftar Film Lain Yang Layak Dilihat:

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.