Honor Magic 2 dan Xiaomi Mi Mix 3 Meramaikan Persaingan Handphone Full Screen

handphone full screen
Anom Penulis

Handphone full screen sudah menjadi ambisi beberapa merk handphone terkemuka belakangan ini. Persaingan itu akan semakin memanas dengan kehadiran Honor Magic 2 dan Xiaomi Mi Mix 3 sebentar lagi.

Sejak handphone dengan layar bezel-less menjadi tren, beberapa usaha menampilkan layar penuh tanpa notch alias poni sudah dilakukan. Ya, walaupun sudah menjadi semacam standar handphone masa kini, notch di bagian atas layar sering mendapat kritik pedas.

Salah satu solusi yang ada yaitu menggunakan sistem kamera geser. Misalnya Vivo Nex yang memunculkan kamera depan dari dalam bodi, atau Oppo Find X yang memilih sistem geser pada bodi. Sistem ini memungkinkan kamera tidak hadir di layar, dan dengan begitu memberi bidang tanpa notch.

Dari sisi konstruksi, sejauh ini kedua sistem itu masih memiliki masalahnya masing-masing. Vivo Nex dengan kamera yang suka muncul tanpa membuka aplikasi kamera. Sedangkan Oppo Find X terbukti rentan terhadap tekanan.

Yang menarik, sistem geser pada bodi kelihatannya menjadi pilihan untuk masa depan. Honor dan Xiaomi sama-sama memberikan teaser untuk kedua handphone mereka, Magic 2 dan Mi Mix 3. Keduanya sama-sama akan memiliki sistem geser tersebut.

Honor Magic 2

Handphone ini merupakan generasi kedua dari seri Magic yang sebelumnya dirilis di Cina. Honor memberikan teaser handphone ini di ajang IFA 2018. Presiden Honor, George Zhao, juga menunjukkan prototipe handphone itu di panggung.

Honor Magic 2 prototipe
Prototipe Honor Magic 2 (foto Android Authority)

Berbeda dengan Oppo Find X, Honor Magic 2 disebut tidak menggunakan sistem mekanik otomatis, tapi digeser secara manual dengan tangan. Mungkin untuk menghindari kemunculan tidak sengaja dan memberi kontrol yang lebih baik pada pengguna.

Sejauh ini belum ada informasi lebih detil tentang handphone ini. Walau begitu Honor Magic 2 disebut akan menggunakan chipset Kirin 980 seperti Huawei Mate 20. Situs Honor juga menyebutkan kalau handphone ini akan memiliki rasio layar ke bodi sampai mendekati 100%!

Xiaomi Mi Mix 3

Seperti juga Presiden Honor, Presiden Xiaomi Lin Bin pun memberikan teaser Mi Mix 3. Ia mengunggah foto handphone ini di situs Weibo. Di sana, founder dan CEO Xiaomi Lei Jun pun berkomentar kalau produksi handphone ini akan diusahakan rilis pada akhir Oktober.

xiaomi mi mix 3

Sayangnya, informasi soal spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3 pun belum tersedia. Namun kalau melihat foto tersebut, kelihatannya akan ada kamera ganda di bagian depan. Selebihnya masih sebatas tebak-tebak buah manggis. Walau begitu, melihat Mi Mix 2, kita bisa menduga akan seperti apa spesifikasi handphone ini.

Tidak lama setelah Xiaomi memberi bocoran tentang sistem geser untuk kamera, mereka juga memberi bocoran penampakan Xiaomi Mi MIx 3 yang mendukung koneksi 5G.

xiaomi mi mix 3 5g

    %d blogger menyukai ini: