ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

Honor Magic 2 dan Xiaomi Mi Mix 3 Meramaikan Persaingan Handphone Full Screen

handphone full screen
Anom Penulis

Handphone full screen sudah menjadi ambisi beberapa merk handphone terkemuka belakangan ini. Persaingan itu akan semakin memanas dengan kehadiran Honor Magic 2 dan Xiaomi Mi Mix 3 sebentar lagi.

Sejak handphone dengan layar bezel-less menjadi tren, beberapa usaha menampilkan layar penuh tanpa notch alias poni sudah dilakukan. Ya, walaupun sudah menjadi semacam standar handphone masa kini, notch di bagian atas layar sering mendapat kritik pedas.

Salah satu solusi yang ada yaitu menggunakan sistem kamera geser. Misalnya Vivo Nex yang memunculkan kamera depan dari dalam bodi, atau Oppo Find X yang memilih sistem geser pada bodi. Sistem ini memungkinkan kamera tidak hadir di layar, dan dengan begitu memberi bidang tanpa notch.

Dari sisi konstruksi, sejauh ini kedua sistem itu masih memiliki masalahnya masing-masing. Vivo Nex dengan kamera yang suka muncul tanpa membuka aplikasi kamera. Sedangkan Oppo Find X terbukti rentan terhadap tekanan.

Yang menarik, sistem geser pada bodi kelihatannya menjadi pilihan untuk masa depan. Honor dan Xiaomi sama-sama memberikan teaser untuk kedua handphone mereka, Magic 2 dan Mi Mix 3. Keduanya sama-sama akan memiliki sistem geser tersebut.

Honor Magic 2

Handphone ini merupakan generasi kedua dari seri Magic yang sebelumnya dirilis di Cina. Honor memberikan teaser handphone ini di ajang IFA 2018. Presiden Honor, George Zhao, juga menunjukkan prototipe handphone itu di panggung.

Honor Magic 2 prototipe
Prototipe Honor Magic 2 (foto Android Authority)