Rumor Huawei Mate 20: Spesifikasi, Desain, dan Fitur Yang Akan Dimilikinya [UPDATE]

handphone huawel
Anom Penulis

Huawei Mate 20 merupakan handphone flagship Huawei yang akan segera diumumkan. Apa saja rumor yang beredar tentang handphone ini? [Lihat UPDATE di bagian paling bawah]

Satu tahun terakhir ini, Huawei sering menjadi topik hangat di internet. Mulai dari gebrakan 3 kamera Huawei P20 (versi P20 Pro sudah beredar di Indonesia), rumor handphone game, teknologi GPU Turbo, sampai menggeser Apple dari posisi kedua smartphone dunia.

Seperti Samsung merilis seri Galaxy Note, Huawei juga merilis seri Mate antara pertengahan dan akhir tahun. Handphone ini akan ikut bersaing langsung dengan iPhone terbaru dan Google Pixel terbaru.

Huawei Mate 20 disebut akan menggunakan chipset HiSilicon Kirin 980. Chipset ini digadang-gadang sebagai chipset pertama yang menggunakan proses 7nm. Berdasar rumor, Huawei akan mengumumkan Kirim 980 di acara IFA 2018.

Selain itu ada bocoran lain. Rekan-rekan dari XDA Developer berhasil mendapat informasi dari firmware untuk handphone ini.

huawei mate 10 pro
Huawei Mate 10 Pro

Berdasar bocoran itu, Huawei Mate 20 akan memiliki layar 6,3 inci AMOLED, variasi RAM 6GB, variasi penyimpanan 128GB, memiliki baterai 4200mAh, dan mendukung wireless charging. Dengan dukungan pengisian nirkabel ini, kemungkinan besar bodi Huawei Mate 20 akan terbungkus lapisan kaca.

Rumor juga menyebutkan kalau Huawei Mate 20 akan memiliki varian lain, yaitu versi Pro dan Lite. Mate 20 Pro akan menjadi versi premium yang akan menggunakan sensor sidik jari di layar. Sedangkan Mate 20 Lite akan menjadi versi ringannya. Kemungkinan bisa menggunakan chipset di kelas yang lebih rendah seperti Kirin 710 (yang juga dipakai di Nova 3i).

Di samping itu, XDA Developer juga mencantumkan beberapa seri varian dari handphone ini. Kemungkinan varian tersebut merupakan pilihan konfigurasi RAM dan penyimpanan yang tergantung wilayah. Untuk Huawei Mate 20 ada seri HMA-AL00, HMA-L09, HMA-L29, HMA-TL00. Sedangkan Mate 20 Lite memiliki seri SNE-AL00, SNE-AL00B, SNE-LX1, SNE-LX2, SNE-LX3, SNE-TL00.

Berdasar seri yang sudah beredar, seri AL dan TL merupakan handphone yang beredar di Cina. Sedangkan verso L09 dan L29 merupakan versi global dengan konfigurasi satu SIM atau dual SIM.

Lebih dari itu, belum ada bocoran lain yang memberi informasi lebih. Yah, kalau ada, akan kami tambahkan di rumor Huawei Mate 20 ini.

UPDATE

Desain Huawei Mate 20

XDA Developers bekerjasama dengan FunkyHuawei.Club dan @SRenderr menghadirkan perkiraan desain Huawei Mate 20. Berdasar bocoran firmware yang didapat, mereka menampilkan perkiraan desain itu dalam bentuk 3D. Hasilnya sangat menarik.

Berdasar info tersebut, handphone terbaru Huawei ini akan memiliki desain waterdrop notch yang berbeda dengan iPhone X. Desain ini lebih mirip dengan Essential Phone dan Oppo F9. Yang tidak kalah menarik, visualisasi ini tetap menghadirkan speaker di sebelah atas kamera.

Lalu Huawei Mate 20 juga akan memiliki 3 kamera belakang seperti Huawei P20. Hanya saja layout dan posisi kamera akan berbeda. Terus terang, posisi kamera ini terlihat agak janggal dan kurang keren.

render Huawei Mate 20

render Huawei Mate 20

render Huawei Mate 20

Memang, desain Huawei Mate 20 ini masih merupakan perkiraan. Namun, perkiraan ini dibuat berdasarkan firmware. Jadi besar kemungkinan untuk bisa akurat. Saya sendiri berharap posisi kameranya lebih seperti Huawei Mate 10. Lebih terlihat elegan.

    %d blogger menyukai ini: