Huawei Mate 30 Pro Akan Hadir Tanpa Tombol Volume dan Total 7 Kamera

Gambar: Pricebaba
Anom Penulis

Huawei sudah memberi konfirmasi soal tanggal rilis ponsel Mate 30. Konfirmasi ini segera disusul oleh bocoran terbaru Huawei Mate 30 Pro yang menunjukkan tidak adanya tombol volume dan pemakaian 7 buah kamera secara total.

Bocoran ini hadir dalam bentuk gambar render hasil kerjasama OnLeaks dan Pricebaba. Seperti biasa, gambar tersebut dibuat berdasarkan informasi yang didapat OnLeaks. Kali ini, OnLeaks memberi sedikit catatan, bahwa beberapa detil mungkin kurang akurat karena berdasarkan CAD (computer-aided design) rumit.

Dari gambar render ini, terlihat kalau Huawei Mate 30 Pro memiliki perubahan desain dibanding pendahulunya. Penampilannya di sini menunjukkan 4 kamera belakang dalam wadah berbentuk lingkaran. Sedangkan lampu kilat dan sensor berada di luar lingkaran tersebut.

Walau terdapat sedikit perbedaan, hal ini serupa dengan bocoran dari casing dan ilustrasi di teaser Huawei. Namun, berbeda dari  foto bocoran lain yang beredar.

Sedangkan dari depan, terlihat layar yang sangat lega dengan bagian pinggir kiri kanan melengkung. Pinggir melengkung ini mirip dengan konsep waterfall screen dari Vivo. Di bagian atas, nampak poni yang cukup besar karena melingkupi 3 kamera depan.

Gambar render Mate 30 Pro
Gambar render Mate 30 Pro (Sumber: Pricababa)

Selain bentuk dan jumlah kamera, hal seru lain dari bocoran ini adalah tidak terlihatnya tombol volume di bodi. Di tempat biasanya terdapat tombol fisik, hanya terlihat tombol power.

Sebelum ini juga sempat ada bocoran di Twitter yang menyebutkan kalau Huawei Mate 30 Pro akan hadir dengan area yang sensitif dengan sentuhan di bagian atas tombol power tersebut. Pengguna harus menggeser jari ke atas-bawah di area itu untuk mengubah volume.

Tampilan depan dan belakang (Sumber: Pricababa)

DI bagian atas, akan terdapat IR Blaster (infra merah) dan mikrofon noise-cancelling kedua. Di bagian bawah, terdapat speaker, colokan USB-C, slot kartu SIM, dan mikrofon pertama.

Dari sisi spesifikasi, diduga Huawei Mate 30 Pro akan memakai chipset Kirin 990 yang mendukung 5G dan memiliki baterai 4500 mAh (fast wireless charging 25W dan fast charging 55W). Konfigurasi RAM dan kapasitas penyimpanan masih belum diketahui.

Untuk kamera, diduga akan ada 2 kamera sebesar 40MP, kamera telephoto 8MP, dan satu kamera yang belum bisa diduga. Selain itu juga akan ada sensor ToF 3D. Kamera 40MP pertama disebut akan memiliki fitur dua pilihan bukaan (f/1.4 – f/1.6) dan konfigurasi pikse RYYB. Sedangkan kamera 40MP kedua disebut merupakan kamera 120º ultra-wide.

Dari bocoran di atas, smartphone ini memang terkesan sangat seksi dari sisi teknologi. Namun di sisi lain, masih ada pertanyaan soal bagaimana Huawei menerapkan sistem operasi Android sebagai akibat pencekalan pemerintah Amerika.

    %d blogger menyukai ini: