Moto P30: Handphone Dengan Krisis Identitas

moto p30 features

Moto P30 merupakan handphone baru yang dirilis Motorola di Cina (15/08/2018). Yang mengejutkan, desain handphone kelas menengah ini tidak hanya mirip iPhone X, tapi juga Huawei P20.

Dulu Motorola merupakan nama yang disegani. Walau mengalami naik turun bagai roller coaster, perusahaan yang sekarang ada di bawah naungan Lenovo ini tetap berhasil membuat beberapa handphone yang jadi favorit. Sebut saja Moto Z dan Moto G5s Plus.

Tahun 2018 ini, Motorola juga sudah merilis beberapa handphone. Mulai dari jajaran Moto G6 dan E5, juga Moto Z3 dan Z3 Play. Desain handphone itu masih cukup menarik. Namun Motorola gagal menawarkan kombinasi spesifikasi dan harga yang menarik. Belum lagi tidak sedikit yang kecewa dengan janji update sistem operasi Android yang tidak jelas.

Gabungan iPhone X dan Huawei P20

Sejak awal tahun, handphone Motorola termasuk sedikit yang tidak mengikuti “tren”. Bingkai layarnya memang semakin tipis. Namun Motorola tidak menunjukkan tanda-tanda mengikuti desain layar dengan notch yang kini marak. Paling tidak sampai rumor Motorola One Power berhembus.

Namun, yang muncul kini adalah Moto P30. Apakah handphone ini adalah Motorola One Power yang digosipkan itu? Entah. Yang pasti desainnya memang mirip dengan handphone yang digosipkan itu.

varian warna moto p30
Vvarian warna Moto P30

Kalau kamu perhatikan, Moto P30 memiliki desain yang mirip dengan iPhone X. Terlebih lagi, handphone ini juga punya varian dengan warna bagian belakang seperti Huawei P20. Kalau Huawei menyebut warnanya sebagai Twilight (dan Iris Purple di Nova 3 dan Nova 3i), Motorola menyebutnya sebagai Aurora.

Bahkan namanya pun mirip. Kita lihat saja: Motorola Moto P30 dan Huawei P20. Motorola sebenarnya sudah memiliki seri yang teratur (walau semakin hari semakin banyak variannya). Apakah penamaan ini menandai era baru handphone Motorola? Entah.

Apa yang Ditawarkan Moto P30?

Ketika membicarakan handphone kelas menengah, untuk Motorola kita akan langsung teringat pada seri G. Sebelum ini Motorola pun sudah merilis seri terbarunya, Moto G6, G6 Plus, dan G6 Play. Lalu apa lagi yang hadir di handphone yang lebih baru ini?

Moto P30 menggunakan chipset Snapdragon 636 yang lebih baru. Sama dengan yang dipakai oleh Zenfone Max Pro M1. RAM-nya 6B dengan pilihan media penyimpanan 64GB dan 128GB (mendukung microSD sampai 256GB). Handphone ini terbungkus kaca 2.5D di depan belakang, dan layarnya sebesar 6,2 inci (rasio 19:9). Sedangkan kapasitas baterainya 3000mAh.

moto p30 aurora
Moto P30 Aurora

Di bagian kamera, ada kamera ganda 16MP (f/1.8) dan 5MP (f/2.2) dengan PDAF di bagian belakang. Kamera ini dilengkapi fitur background blur, HDR, professional, panoramic, dan portrait mode. Sedangkan di bagian depan, ada kamera selfie 12MP (f/2.0), dengan fitur double-sided AI blur, beauty, AR camera, dan wide-angle.

Dari sisi spesifikasi memang tidak buruk. Bahkan cukup menarik. Desain handphone itu sendiri sebenarnya juga bagus. Hanya saja, kita sudah pernah melihatnya dan hal ini membuatnya terlihat seperti punya krisis identitas.

Di Cina, Moto P30 dibandrol dengan harga mulai dari ¥2099. Belum ada kepastian apakah akan beredar secara global. Sama seperti belum ada kepastian ke mana Motorola akan melangkah berikutnya.