Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ambisius Banget, Netflix Monetisasi Share Password 100 Juta Rumah Tangga di Tahun 2023

netflix monetisasi share password
Sumber: 9to5mac
Indri Penulis

Terlampau ambisius! Netflix monetisasi share password 100 juta rumah tanggal di tahun 2023. Bakal untung atau malah buntung?

Praktik share password Netflix sudah menjadi ‘tradisi turun-temurun’ sejak bertahun-tahun lalu. Jadi saat ada salah satu orang punya akun Netflix, orang lain baik itu teman atau keluarganya bisa ikut nebeng akun secara gratis.

Yap, praktik sharing password mungkin bisa jadi bukti ‘cinta kasih antar umat manusia.’ Hahaha.. Tapi sayang, sepertinya hal tersebut sepertinya malah bikin Netflix rugi.

Tapi Netflix nggak mau kalah. Netflix awalnya berencana untuk membatasi aktivitas sharing password. Namun kini Netflix ingin memonetisasi praktik sharing password yang dilakukan pengguna.

Netflix Monetisasi Share Password 100 Juta Rumah Tangga

Saat ini Netflix punya sekitar 223 juta pelanggan secara global. Netflix mengatakan kalau 100 juta pengguna rumah tangga punya akses ke layanan mereka pakai kata sandi yang di-share oleh pelanggan.

Netflix mungkin sudah tutup mata soal praktik ini selama bertahun-tahun. Tapi mungkin sekarang Netflix justru menemukan peluang bagus.

netflix monetisasi share password
Sumber: Digital Trend

Sekarang Netflix berencana untuk menindak tegas aktivitas share password antar pengguna. Yakni dengan memaksa pelanggan membayar biaya tambahan kalau mereka ingin share akun dengan orang lain (orang yang nggak tinggal serumah maksudnya).

Sebenarnya Netflix sudah mulai menguji coba kebijakan barunya itu di Chili, Kosta Rika dan Peru awal tahun ini. Netflix meminta pelanggan bayar $3 untuk share password dengan anggota rumah tangga lainnya.

Nah menurut laporan dari The Wall Street Journal, Netflix rencananya akan merilis kebijakan baru itu di AS awal tahun 2023. Tapi belum jelas, apakah akan ada negara lain selain AS yang bakal kena kebijakan baru atau tidak.

Baca Juga:  Paket Langganan Berbasis Iklan Netflix Tidak Dapat Akses ke Semua Konten

Tapi yang jelas, target Netflix adalah bisa memonetisasi 100 juta rumah tangga tahun depan. Sungguh target yang sangat ambisius bukan?

Untuk melancarkan program monetisasinya itu, Netflix sudah merancang strategi jitu. Pengguna yang share password dengan teman atau keluarga yang nggak serumah, harus bayar biaya tambahan untuk membagikan kata sandi mereka.

Netflix ke depan bakal memberlakukan kebijakan tersebut berdasarkan IP address, ID perangkat dan juga aktivitas akun. Jadi semua aktivitas ‘ilegal’ yang selama ini dilakoni pengguna bakal langsung ketahuan.

Sementara itu strategi Netflix kali ini sebenarnya bisa jadi boomerang buat mereka lho. Sekilas program monetisasi bakal memberikan keuntungan berlipat ganda untuk Netflix.

Tapi di sisi lain, strategi ini juga bisa bikin Netflix kehilangan pengguna. Pengguna yang ogah membayar $3 mungkin lebih memilih stop pakai Netflix. Apalagi layanan streaming film dan serial juga nggak Netflix aja. Gimana menurutmu?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]