Penerus Chipset M1 Siap Produksi untuk Komputer Mac Berikutnya

ilustrasi penerus chipset m1 apple

Apple kelihatannya menekan pedal gas penuh-penuh dalam proses penggantian prosesor di komputer Mac. Laporan terbaru menyebutkan kalau chipset penerus M1 sudah siap masuk produksi untuk komputer Mac berikutnya yang lebih powerful.

Sejauh ini, Apple sudah merilis beberapa komputer Mac berbasis chipset M1. Yaitu Macbook Air 13, Macbook Pro 13, Mac Mini, dan iMac. Yang belum menampakkan batang hidungnya adalah komputer yang terhitung lebih “pro” termasuk Mac Pro.

Lalu sampai saat ini, chipset M1 juga sudah mendapat reputasi yang baik dari segi performa. Hal ini nampak dari berbagai benchmark M1 yang muncul, termasuk menjalankan sistem operasi Windows 10 on ARM.

Penerus Chipset M1 Siap Produksi

Kabar terbaru soal penerus M1 ini hadir dari Nikkei Asia. Sumber mereka menyebutkan kalau chipset lanjutan M1 ini akan masuk produksi massal pada bulan ini.

Perhitungannya, chipset tersebut akan selesai paling cepat bulan Juli. Dengan begitu bisa diimplementasikan pada komputer Mac baru yang akan Apple umumkan di paruh kedua tahun 2021.

Chipset rancangan Apple ini akan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), perusahaan manufaktur keping semikonduktor terbesar di dunia. Chipset ini akan menggunakan proses 5-nanometer plus (N5P).

Rumor menyebutkan kalau chipset penerus M1 ini akan memakai nama M2. Walau begitu, sebelum ini juga sempat beredar rumor yang menyebutnya dengan nama M1X. Sementara produk yang dirumorkan akan memakainya pertama kali adalah Macbook Pro 14 dan 16.

Persaingan Prosesor Komputer Makin Panas

Apple sudah membuktikan kalau chipset Apple Silicon berhasil menggoyang pasar komputer dunia. Paling tidak, bisa membuat Intel kebakaran jenggot dan menyerang balik melalui kampanye iklan.

Wajar, karena Apple sebelum ini merupakan pelanggan Intel untuk urusan prosesor. Yah, tapi kalau Intel tidak waspada, AMD pun sudah memacu prosesornya dengan kencang. Seperti pada jajaran laptop ASUS ROG yang baru.

Jadi, kita tunggu saja, seberapa hebat chipset baru Apple penerus M1 ini.

%d blogger menyukai ini: