Google Go: Aplikasi Pencari yang Lebih Ringan Dari Versi Biasa

aplikasi pencari google go

Kamu merasa aplikasi pencari Google terasa berat? Jangan kuatir. Ada aplikasi pencarian yang lebih ringan bernama Google Go.

Embel-embel nama Go di aplikasi memang menunjukkan versi yang lebih ringan. Sebelum ini, kamu sudah melihatnya di Gallery Go, Files Go (yang kemudian berganti jadi Files by Google), Maps Go, dan YouTube Go.

Aplikasi ringan dari Google ini merupakan alternatif dari aplikasi aslinya. Ditujukan untuk pengguna ponsel yang kurang powerful dan masuk dalam inisiatif Android Go.

Nah, mari kita lihat lebih dekat lagi.

Apa itu Google Go?

Google Go adalah versi ringan dari aplikasi pencarian Google. Fungsinya mirip, namun dengan penataan yang lebih ringkas. Kamu tetap bisa mencari seperti biasa, termasuk mencari gambar, video, memakai Google Lens, melihat berita, dll.

Aplikasi ini hanya memiliki besar berkas sekitar 7MB. Kamu juga bisa memakainya walau koneksi tidak secepat biasanya.

Perbedaan Penampilan

Google Go memiliki penampilan yang berbeda dari aplikasi Google biasa. Misalnya, kotak pencari ada di bagian bawah. Berbeda dengan aplikasi Google yang meletakkannya di atas deretan berita.

Lalu, di aplikasi ini terdapat berbagai pilihan. Mulai dari fungsi, seperti: Pencarian, Pencarian Suara, Google Lens, Berita, Gambar, GIF, dll; sampai shortcut aplikasi di bagian bawah.

tampilan aplikasi google go
Penampilannya berbeda dari versi biasa

Beberapa fungsi, seperti pencarian dan Lens, akan mengarahkanmu pada tindakan yang akan diambil. Sedangkan fungsi lain seperti Gambar dan GIF, akan memberikan pilihan kategori di dalamnya.

Sementara pilihan aplikasi, akan membuka situs aplikasi yang bersangkutan. Misalnya ketika kamu membuka Wikipedia.

Halaman pencari gambar dan pilihan aplikasi

Aplikasi Alternatif yang Menarik

Aplikasi Google biasanya menjadi aplikasi bawaan ponsel Android. Ponsel Android Go akan memakai versi Google Go daripada yang biasa. Toh, walau ponselmu lebih mampu dari ponsel Android Go, aplikasi ini bisa jadi pilihan menarik.

Kamu bisa mengganti aplikasi bawaan dan menggantinya dengan aplikasi ini. Bahkan berfungsi baik saat kamu memakai launcher seperti Nova. Kalau kamu memasang kotak pencari di bagian bawah ala ponsel Pixel, saat kamu mengganti versi bawaan dengan Google Go, secara otomatis kotak pencari itu akan memakai aplikasi tersebut.

Kalau kamu berminat mencoba, silakan unduh aplikasi Google Go dari Play Store.

Download (Android)

%d blogger menyukai ini: