Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Kerjasama Microsoft dan OpenAI Resmi Diperpanjang, Nilai Investasi Capai Miliaran Dolar!

kerjasama microsoft dan openai
Gambar Oleh: OpenAI
Indri Penulis

Kerjasama Microsoft dan OpenAI resmi diperpanjang. Konon nilai investasi dari kerjasama ini mencapai miliaran dolar lho!

OpenAI akhir-akhir ini menjadi salah satu perusahaan teknologi yang banyak diperbincangkan orang. Apalagi sejak platform besutannya, ChatGPT viral di seluruh dunia karena kecerdasannya dalam menjawab berbagai pertanyaan dan permintaan.

Bicara soal ChatGPT, saking canggihnya platform ini, sampai-sampai Microsoft tertarik untuk menyisipkan teknologi ChatGPT ke dalam produknya lho.

Nah kabar menariknya, baru-baru ini telah dikonfirmasi kalau kerjasama Microsoft dan OpenAI resmi diperpanjang. Pertanyaannya, apa yang bakal didapat setelah kerjasama ini diperpanjang? Mari kita lihat.

Kerjasama Microsoft dan OpenAI Resmi Diperpanjang

Baru-baru ini melalui situs resminya, Microsoft mengonfirmasi bahwa mereka telah memperluas kerjasama jangka panjang dengan OpenAI. Kerjasama tersebut dilakukan lewat ‘investasi multi-tahun, bernilai miliaran dolar.’

Menariknya, investasi ini dikonfirmasi hanya beberapa minggu setelah berita Microsoft bakal menginvestasikan $10 miliar ke pembuat ChatGPT, OpenAI.

kerjasama microsoft dan openai
Gambar Oleh: Microsoft Blog

Kami membuat kerjasama dengan OpenAI berdasarkan ambisi bersama untuk secara bertanggung jawab memajukan penelitian AI mutakhir dan mendemokratisas AI sebagai platform teknologi baru,” kata CEO Microsot Satya Nadella.

Dalam fase kerjasama kami berikutnya, pengembang dan organisasi lintas industri akan memiliki akses ke infrastruktur, model, toolchain AI terbaik dengan Azure untuk membangun dan menjalankan aplikasi mereka,” lanjut Satya Nadella.

Nah kamu pasti penasaran, kira-kira apa aja sih yang bakal didapatkan dari kerjasama ini? Jadi dalam kesepakatan ini, Microsoft bakal meningkatkan investasinya dalam ‘pengembangan dan penerapan sistem superkomputer’ untuk membantu penelitian OpenAI.

Terus bagian terpenting dari kesepakatan tersebut yakni Microsoft resmi menjadi mitra cloud eksklusif OpenAI. Nantinya layanan cloud Microsoft bakal menanggung semua beban kerja OpenAI dalam semua produk, layanan API dan tentunya penelitian.

Baca Juga:  Microsoft Rencanakan Xbox Mobile Game Store, Siap Tarung Lawan Apple & Google

Nggak berhenti sampai di situ, Microsoft rencananya juga ingin memakai model OpenAI ke berbagai produknya. Bahkan Microsoft tengah bersiap untuk menantang rivalnya, Google dengan integrasi ChatGPT ke Bing.

Sampai sekarang Microsoft tidak menjelaskan secara gamblang, soal berapa banyak yang sudah mereka investasikan ke OpenAI. Tapi Microsoft sudah mengambil langkah dengan meluncurkan layanan Azure OpenAI.

Azure OpenAI adalah layanan terbaru Microsoft yang diluncurkan minggu lalu. Layanan ini mencakup sejumlah AI besutan OpenAI termasuk GPT 3.5, Codex, dan DALL-E. Azure OpenAI adalah layanan manajemen dan penanganan data yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis.

Tapi di sisi lain, menurut kabar yang beredar, Microsoft bisa menerima 75% dari keuntungan OpenAI. Microsoft gosipnya juga menjadi pemegang 49% saham dalam OpenAI.

Fyi, sebenarnya ini bukan pertama kalinya Microsoft kolaborasi dengan OpenAI lho. Di tahun 2020, Microsoft pernah menginvestasikan $1 miliar ke OpenAI demi membeli lisensi eksklusif GPT-3.

Namun karena pamor OpenAI saat ini jauh lebih besar dibanding tahun-tahun yang lalu, mungkin kesepakatan antara Microsoft dan OpenAI bakal jauh lebih wow dari sebelumnya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]