Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Menghilangkan Notifikasi Ubah Keyboard Android

menghilangkan notifikasi ubah keyboard

Apa kamu merasa terganggu dengan ikon dan notifikasi ubah keyboard Android? Saya juga. Nah, kalau kamu belum menemukan cara menghilangkannya, coba ikuti tutorial berikut ini.

Notifikasi ubah keyboard — atau switch keyboard dalam bahasa Ingris — akan muncul ketika kamu memasang lebih dari satu aplikasi keyboard di handphone Android. Yah, tergantung juga pada versi Android, merk handphone, dan setelan launcher Android.

Misalnya, ketika saya menggunakan Moto E3 Power yang memakai Android Marshmallow, tombol mengganti keyboard ada di pojok kanan kotak navigasi. Tapi dengan setelan saya sekarang, perilakunya berbeda.

Saat ini saya menggunakan aplikasi keyboard Swiftkey di handphone Moto Z2 Play dengan Android 7.1 Nougat. Saya juga memakai One Button Navigation dari Moto Action. Hal ini menghilangkan kotak navigasi dan memindah fungsinya ke fingerprint scanner di bawah layar.

[irp posts=”39447″ name=”Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android dan iOS”]

Di samping Swiftkey, saya juga punya Gboard alias Google Keyboard. Setiap saya mengetik, ada ikon notifikasi muncul di pojok kiri atas. Kalau ditekan (atau geser turun), ada notifikasi yang tidak bisa disingkirkan (dengan swipe).

notifikasi switch keyboard android
Notifikasi switch keyboard Android

Bagi saya, hal ini cukup menyebalkan. Nah, kalau kamu seperti saya yang ingin mengenyahkan notifikasi ini, ikuti langkah berikut.

Cara menghilangkan notifikasi switch keyboard

  1. Masuk ke Setelan,
  2. Masuk ke bagian Bahasa & Masukan,
  3. Masuk ke bagian Keyboard virtual
    — Kamu akan melihat daftar aplikasi keyboard yang aktif.
  4. Tekan  + Mengelola Keyboard,
  5. Matikan semua aplikasi keyboard, kecuali satu aplikasi yang ingin kamu gunakan.
    (akan lebih puas kalau sambil berteriak “ENYAH KAU!!!!”)
  6. Cakep ????????
mematikan aplikasi keyboard aktif
Mematikan aplikasi keyboard aktif

Sekarang, setiap kamu mengetik, tidak ada lagi notifikasi ubah keyboard yang mengganggu. Bebas, lepas, bersahaja (apaan sih ????).

Yaaa… Memang nggak semua orang merasa terganggu dengan tetek bengek seperti ini. Memang tutorial ini untuk kamu yang seperti saya. Tidak suka lihat notifikasi menumpuk.

Menurut saya, notifikasi ini cukup aneh. Toh orang tidak sering berganti aplikasi keyboard. Memangnya ada yang tiap hari ganti aplikasi? Jelas perilakunya berbeda dengan notifikasi biasa.

Kalau pun ingin mengganti, ada di bagian Setelan. Oleh karena itu, saya menganggap notifikasi ubah keyboard Android ini kurang berguna. Akhirnya, saya enyahkan saja….

More Stories
game horor pamali
Pamali: Game Horor Terbaru Asal Indonesia yang Wajib Dicoba!