Diskon VPN terbaik: Klik di sini

5 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Tak Membatalkan Puasa

Tantangan di bulan puasa bukanlah sekedar menahan makan dan minum. Namun kamu juga harus tahu cara menahan diri dari hal lain. Berikut ini tips menggunakan media sosial yang baik agar tidak membatalkan puasamu.

Kita tahu kalau isi media sosial sangat beragam. Seringkali tanpa tedeng aling-aling. Salah melihat, bisa-bisa kamu terpancing. Entah emosi atau lainnya.

So, bagaimanakah cara menggunakan media sosial supaya tetap aman? Langsung saja mari simak ulasannya di bawah ini!

Saring Komentar Yang Mengganggu

Sumber Gambar : indraupax

Bukan media sosial namanya jika tidak dipenuhi dengan berbagai komentar. Namun tak semua posting punya komentar yang enak dibaca.

Bukan hanya di bulan puasa, namun sebagai pengguna sosial media, sudah selayaknya kamu menyaring berbagai komentar yang “jahat”. Hal itu tentunya untuk mengurangi dampak negatif dari komentar-komentar ngawur.

Setiap sosial media mempunyai caranya sendiri-sendiri dalam menyaring komentar. Kamu bisa mengikuti petunjuk menyaring komentar dari tiap media sosial tersebut.

Senyapkan Akun yang Berbahaya

Sumber Gambar : JurnalApps

Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang menggunakan sosial media. Seringkali, konten di dalamnya pun kurang bertanggung jawab. Selain ada konten dewasa, ada juga yang berisi konten yang sensitif yang bisa memancing emosi di jiwa.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi masyarakat. Bukan orang dewasa saja yang menggunakan sosial media. Banyak pula anak kecil yang juga menggunakan sosial media dalam aktivitas sehari-harinya.

Supaya aman, kamu bisa “menghilangkan” akun-akun yang menyerempet bahaya itu. Misalnya mensenyapkan feed dan story Instagram, atau unfollow di Facebook (tanpa unfriend).

Jangan kepo dan bergosip

Sumber Gambar : TribunJualBeli.com

Di bulan Ramadhan ini, kamu memang harus sebisa mungkin mengurangi kebiasaan bergosip atau mencari tahu urusan orang. Tolonglah jangan kepo dengan bergosip di bulan yang penuh berkah ini. Karena bisa saja pahalamu tidak diterima.

Daripada sibuk membicarakan aib orang dan kepoin insta story orang lain, lebih baik habiskan waktu puasamu dengan beribadah.

Kalaupun kalian malas beribadah, kalian cukup tidur saja sudah termasuk ibadah dalam bulan puasa.

Posting hal yang bermanfaat

Sumber Gambar : medantoday.com

Selain itu, jangan juga sekali-kali kamu membagikan konten yang berbau negatif saat bulan suci ramadhan ini. misalnya konten pornografi, berita-berita selebritis yang vulgar, atau semacamnya.

Hal ini akan membuat orang lain dosa saat melihatnya. Bahkan kemungkinan terburuk bisa dipraktekan langsung oleh penglihat tersebut.

Misalnya kamu dikirimi foto atau artikel kurang pantas di grup WhatsApp. Kemudian kamu melah mengirim ulang hal tersebut ke grup lain. Meskipun whatsapp sendiri telah membatasi forward pesan, namun bagaimanapun juga kita tetap pemegang kendali utama.

Bagikan saja konten-konten atau postingan yang penuh kebaikan. Alangkah indahnya bukan, jika bisa membagikan hal positif ke orang lain?

Batasi posting di medsos ke orang tertentu

Sumber Gambar : KataMedia.co

Tidak semua orang suka dengan hal yang sama. Kalau kamu asal kirim, bisa jadi ada yang tidak suka. Jika memang perlu membuat posting hal tertentu, kamu bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat postinganmu tersebut.

Misalnya kamu bisa mengirim posting Instagram hanya ke teman dekat. Selain itu, kamu juga bisa membatasi siapa saja yang melihat kiriman di Facebook.

Dengan membatasi kiriman media sosial hanya ke orang tertentu, kamu bisa menghindari komentar nyinyir atau menyinggung perasaan orang lain.

Itulah beberapa tips menggunakan media sosial agar tetap nyaman. Semoga kamu tetap bisa menggunakan sosial media dengan baik tanpa membatalkan puasa. Sekali lagi selamat berpuasa!

More Stories
game hungry dragon
Hungry Dragon: Bermain Jadi Naga Yang Mencari Makan