Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update iOS 16.3, macOS 13.2 dan watchOS 9.3 – Wajib Baca, Ini Deretan Fitur Barunya!

update ios 16.3
Gambar Oleh: Trusted Review
Indri Penulis

Update iOS 16.3, macOS 13.2 dan watchOS 9.3 resmi rilis. Ini dia jajaran fitur baru yang disajikan oleh update sistem operasi tersebut.

Setelah merilis iOS 16.2 bulan lalu, Apple kini resmi merilis update iOS 16.3 untuk semua pengguna. Dalam pembaruan ini ada beberapa fitur baru, perbaikan dan juga pembaruan keamanan yang diboyong Apple.

Nggak berhenti sampai di situ aja. Apple juga turut merilis update macOS 13.2 dan watchOS 9.3 ke semua pengguna. Hampir sama dengan iOS, dalam pembaruan kali ini Apple membawa beberapa fitur baru, perbaikan bug dan juga pembaruan keamanan.

Nah biar kamu nggak penasaran, saya bakal bahas apa aja fitur terbaru yang dihadirkan update iOS 16.3, macOS 13.2 dan juga watchOS 9.3

Fitur Baru di Update iOS 16.3, macOS 13.2 dan watchOS 9.3

iOS 16.3 sebenarnya bukan update besar seperti iOS 16. Tapi pembaruan kali ini tetap saja membawa beberapa fitur penting. Contoh hadirnya dukungan kunci keamanan untuk Apple ID dan perluasan Advanced Data Protection untuk pengguna di luar AS.

update ios 16.3
Gambar Oleh: Trusted Reviews

iOS 16.3 juga menambahkan dukungan untuk HomePod Gen-2 terbaru (dukungan ini hadir 3 Februari 2023). Hadir juga beberapa fitur anyar untuk HomePod dan HomePod Mini Gen-1 (pembacaan sensor suhu khusus HomePod Mini, suara ambien remaster, suara konfirmasi Siri, dan penyetelan audio).

Seperti yang saya katakan tadi, iOS 16.3 juga turut memboyong perbaikan bug. Contohnya memperbaiki masalah munculnya garis horizontal saat beberapa ponsel iPhone 14 dimuat ulang.

Tapi perbaiki bug mungkin nggak langsung muncul saat update pertama kali rilis. Sebagai gantinya, perbaikan bug di iOS 16.3 akan diluncurkan beberapa minggu ke depan secara bertahap (soalnya Apple saat ini sedang mengujinya dalam versi beta terbaru).

Baca Juga:  Game ARPG "Undecember" Tersedia di Android, iOS, & Windows

Oke sekarang kita lanjut ke macOS 13.2. Jadi ini adalah pembaruan besar kedua untuk macOS Ventura yang rilis Oktober tahun lalu. Terus apa yang bisa diharapkan dari pembaruan kali ini?

Pertama, macOS 13.2 menambahkan perbaikan bug di sistem dan Freeform. Perbaikan sistem kali ini mengatasi masalah yang bisa menyebabkan VoiceOver berhenti memberikan umpan balik audio ketika mengetik.

Sedangkan untuk Freeform, macOS 13.2 memperbaiki masalah di mana ada beberapa goresan gambar yang dibuat dengan Apple Pencil atau jari nggak muncul di layar.

Dari segi keamanan, macOS 13.2 turut menambahkan Security Keys untuk Apple ID. Dukungan tersebut memungkinkan autentikasi dua faktor fisik. Sehingga perlindungan terhadap phishing dan pembobolan akun lebih kuat.

Sementara itu pembaruan macOS 13.2 sudah bisa diunduh secara gratis di semua Mac yang kompatibel. Caranya bisa kamu cek di bagian Software Update dalam System Settings.

Terakhir kita ketemu dengan watchOS 9.3. Ini adalah pembaruan besar ketiga untuk sistem operasi watchOS 9. watchOS 9 sendiri rilis pada September 2021.

Pembaruan kali ini turut memboyong fitur anyar, peningkatan dan perbaikan bug. Termasuk rilisnya tampilan terbaru jam bertema Unity Mosaic. Selain itu watchOS 9.3 juga meningkatkan fungsionalitas Workout dan pengoptimalan Crash Detection.

watchOS 9.3 bisa diunduh secara gratis lewat aplikasi Apple Watch di iPhone. Caranya yakni dengan membuka General > Software Update. Pastikan Apple Watch-mu punya minimal 50% baterai, ditempatkan di charger, dan wajib ada di area jangkauan iPhone ya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]