Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp

Lengkapi koleksi stiker WhatsApp kamu dari Telegram langsung!

Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp
Febri Penulis

Telegram memang lebih dahulu menghadirkan kirim pesan menggunakan stiker lucu dan menarik, dibandingkan dengan stiker di WhatsApp. Dan tahukah kamu, kalau sebenarnya ada cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp dengan mudah, kamu bisa mengunduh stiker Telegram menggunakan bot Sticker Downloader dan memasangnya ke WhatsApp dengan bantuan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

Aplikasi Telegram memang menjadi opsi kirim pesan selain WhatsApp, bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp. Telegram atau biasa kita sebut “Tele” ini memiliki fitur lebih lengkap jika dibandingkan aplikasi WA.

Seperti fitur stiker Telegram, sebelumnya WhatsApp belum mendukung fitur ini dan hanya bisa berkirim pesan menggunakan emoji sebagai penunjuk ekspresi. Kemudian ada fitur channel Telegram dan kemudian WhatsApp membuat fitur serupa yaitu Komunitas WhatsApp.

Ada banyak fitur Telegram yang ditiru dan kemudian diadaptasi oleh WhatsApp, saat ini Telegram memiliki fitur Telegram Premium. Apakah nanti fitur-fitur premium di Telegram akan diadopsi juga sama WhatsApp, siapa yang tahu soal informasi kedepan.

WhatsApp juga tidak berhenti berinovasi dan memperbarui aplikasi kirim pesannya, seperti baru-baru ini WhatsApp uji transfer riwayat chat tanpa internet antar ponsel Android dan juga fitur WhatsApp undo delete for me.

Kedua aplikasi kirim pesan singkat menggunakan jaringan internet ini memang populer dan memiliki pasar penggunanya tersendiri, untuk segi keamanan, menurut saya keduanya sama-sama aman. Apalagi kalau Telegram sekarang sudah ada fitur perlindungan akun via Email di Telegram.

Baca Juga:  WhatsApp Uji Coba Fitur Reaksi Cepat untuk Status

Untuk saat ini ada banyak fitur Telegram yang belum ada di WhatsApp, seperti fitur bot stiker. Kalau di Telegram kita bisa membuat stiker Telegram sendiri dengan mudah tanpa aplikasi dan hanya menggunakan bot yang ada.

Sedangkan untuk membuat stiker sendiri di WhatsApp, kita perlu bantuan aplikasi pihak ketiga untuk memasangnya ke dalam sistem WhatsApp di HP.

Kedepan Telegram pun akan membuat kebijakan baru, kalau aplikasinya bisa digunakan tanpa harus menggunakan kartu SIM sudah bisa buat akun di Telegram. Bagaimana menurut kamu tentang nasib aplikasi WhatsApp kedepan, apakah lebih bagus dari Telegram atau tidak?

Tutorial Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Sebelum kamu ingin melanjutkan membaca ke tutorial cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp, lebih baik kamu instal (pasang) aplikasi yang saya rekomendasikan di bawah ini ke smartphone milik kamu.

Persiapan Bahan

  • Info
    Tidak perlu instal aplikasi RAR jika File Manager smartphone kamu bisa extract file .zip.

Setelah dua aplikasi tersebut kamu pasang di HP, maka selanjutnya kamu bisa ikuti panduan cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp berikut:

  1. Buka dan Login ke aplikasi Telegram di HP.
  2. Tap ikon Menu di pojok kiri atas > Tap menu Settings.
  3. Tap menu Stickers and Emoji.
  4. Pilih Stiker yang ingin dipindahkan > Pada menu My sticker sets, tap ikon Menu Titik Tiga di sebelah Stiker > Tap menu Copy Link.
  5. Lanjut ke pencarian pesan di Telegram > Cari akun Sticker Downloader (gambar profilnya warna biru).
  6. Tap tombol Restart.
  7. Tap tombol menu Settings > Tap menu Webp Only.
  8. Paste Link Stiker yang sudah kamu Copy tadi > Tekan Enter.
  9. Ketika file Stiker sudah siap, tap ikon Menu Titik Tiga di sebelah file Stiker > Lalu pilih menu Save to Downloads.
  10. Selanjutnya kita ekstrak atau unzip file Stiker yang sudah diunduh tadi, buka aplikasi FIle Manager/RAR di smartphone kamu > Buka folder Download > Buka folder Telegram > Tap file Stiker.zip yang sudah kamu unduh > Pilih menu Extract.
    Catatan: Lokasi file Stiker ada di [internal_storage/Download/Telegram]
  11. Setelah berhasil mengekstrak/unzip file Stiker, sekarang kamu buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.
  12. Pilih Stiker Telegram yang muncul di aplikasi, lalu tap tombol Add to WhatsApp > Tap tombol Add.
  13. Selesai, kamu telah berhasil menambahkan stiker Telegram ke WhatsApp dengan mudah dan cepat.
Baca Juga:  Cara Membuat Polling di Telegram Terbaru Disertai Melihat Hasilnya
  • Penting
    Jenis stiker yang bisa kamu pindahkan dari Telegram ke WhatsApp saat ini masih dalam bentuk gambar saja, namun jika kamu ingin mencoba untuk memindahkan stiker bergerak Telegram ke WhatsApp, kamu bisa gunakan aplikasi Unofficial Telegram Stickers for WhatsApp.

What’s Next: Kini Bisa dengan Mudah Menambahkan Stiker di WhatsApp dari Koleksi Stiker Telegram

Kurang lebih seperti itulah cara memindahkan stiker Telegram WhatsApp dengan mudah, mungkin di luar -an sana banyak panduan yang bertebaran. Namun dari pengalaman saya pribadi, cara yang saya bagikan di atas adalah cara paling mudah dan paling sederhana yang bisa kamu coba.

Kamu bisa membuat stiker sendiri di Telegram, lalu kamu bisa menyimpannya menggunakan fitur bot stiker downloader dan selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah saya bagikan di atas.

Selesai, kamu bisa dengan mudah menambahkan dan juga memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp, dengan begitu sekarang koleksi stiker kamu di WhatsApp bisa lebih banyak dan berlimpah.

Kelebihan dari memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp adalah koleksi stiker Telegram lebih lengkap dibandingkan dari WhatsApp. Terutama stiker dewasa yang berbau romance, jujur koleksi stiker dewasa saya kebanyakan hasil dari memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis dan sampaikan di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti yang saya tulis di atas melalui halaman urbandigital di Google News.