Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuat Link Google Meet di HP dengan Mudah dan Cepat

Sekarang bisa melakukan video conference hanya lewat HP saja

Cara Membuat Link Google Meet di HP dengan Mudah dan Cepat
Febri Penulis

Kamu sudah tahu kan kalau sekarang aplikasi Google Duo sudah berubah nama jadi Google Meet? Yup, sekarang namanya sudah menjadi Google Meet. Tampilan fitur baru Google Meet lebih menarik dan sudah kah kamu tahu cara membuat link Google Meet di HP? Kalau belum, baca panduan lengkapnya di artikel ini sampai selesai.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang sedang mencari panduan bagaimana cara membuat link Google Meet di HP, kamu bisa ikuti panduan singkat berikut: Buka aplikasi Google Meet > Tap ikon Video Baru > Tap menu Buat Rapat Baru > Salin Link Rapat Google Meet > Bagikan link tersebut ke teman atau anggota meeting kamu > Selesai.

Sebelum memulai, alangkah baiknya kamu mengunduh aplikasi Google Meet terlebih dahulu. Namun untuk sebagian pengguna smartphone Android, aplikasi Google Meet sudah terinstal secara otomatis karena bagian dari aplikasi stock Android.

Google selalu mencoba untuk memperbarui platform andalannya yang sebelumnya hanya dibuat untuk aplikasi tatap muka sesama pengguna yang berjumlah dua orang saja selayaknya melakukan video call bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Kini Google Duo yang sudah berubah nama menjadi Google Meet, mulai dihadirkan dan difokuskan menjadi sebuah aplikasi meeting online. Sebelumnya kamu hanya bisa menggunakan Google Meet di Gmail dan hanya bisa menampung 32 orang saja.

Di aplikasi Google Meet yang dulu fitur seperti efek blur di background Google Meet hanya bisa dirasakan oleh pengguna laptop/PC.

Baca Juga:  Google Doodle HUT RI Ke-77 Usung Konsep Keberagaman di 1 Bahtera

Namun, seiring berjalannya waktu, Google meng-update kembali fitur ini dan akhirnya sekarang kamu sudah bisa menikmati fitur background video di Google Meet secara gratis di Android atau ponsel kamu.

Memang banyak perubahan yang dilakukan oleh google dari waktu ke waktu, jika awalnya kamu bisa melakukan meeting tanpa batas waktu secara gratis. Kini kamu hanya bisa melakukan panggilan video di Google Meet selama 1 jam saja.

Meskipun begitu, Google selalu berupaya untuk menghadirkan aplikasi yang bermanfaat untuk para pengguna Android. Misalnya, mereka berupaya untuk membuat fitur mode saver di Google Meet guna bisa menghemat penggunaan daya saat kamu ingin melakukan panggilan video di Google Meet.

Tanpa basa basi lagi, kamu bisa lihat panduan cara membuat link Google Meet di HP Android ataupun iOS secara lengkap di bawah ini. Jadi silakan di simak baik-baik tutorial yang akan saya bagikan ke kamu, janga di skip-skip kalau baca panduannya ya.

  • Penting
    Untuk sekedar informasi saja, kalau Google Meet memiliki dua versi, yaitu: Google Meet biasa (maksimal 100 orang) dan Google Meet (Original) (meksimal 250 orang).

1. Membuat link Google Meet di HP

  1. Buka aplikasi Google Meet dan login menggunakan akun Google yang terdaftar di ponsel kamu.
  2. Tap ikon Video Baru yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Tap menu Buat Rapat Baru.
  4. Tap ikon Salin Link yang ada di sebelah kanan Link Google Meet.
  5. Bagikan Link Rapat tersebut ke teman atau anggota Meeting kamu.
  6. Saat teman atau kamu mengunjungi Link Rapat/Link Google Meet, tap tombol ikon Gabung untuk bergabung ke dalam Rapat Online (Google Meet).
  7. Selesai, kamu telah berhasil membuat Link Google Meet dan bergabung ke dalam Meeting.
Baca Juga:  5 Widget Aplikasi Google yang Bikin Beranda HP-mu Lebih Berfaedah
  • Tips
    Kamu bisa menjadwalkan kapan Google Meet ingin berlangsung dan juga membuat grup khusus anggota Google Meet sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Penting untuk membagikan Link Google Meet dengan orang yang kamu undang saja, karena siapa pun bisa bergabung ke dalam Rapat jika dia tahu alamat Link Google Meet yang kamu buat.

2. Membuat Link Google Meet (Original) di HP Android/iPhone

Seperti yang sudah saya bilang di atas kalau Google Meet memiliki dua versi, satu versi untuk pengguna biasa yang hanya bisa menampung sekitar 100 orang di dalam grup Google Meet dan satu lagi nama aplikasinya Google Meet (Original) yang bisa digunakan untuk melakukan meeting dengan orang lain hingga 250 orang.

Apakah cara membuat link meeting -nya berbeda dengan menggunakan Google Meet biasa? Sebenarnya tidak jauh berbeda, untuk cara membuat link Google Meet (original) masih sama kok. Untuk informasi lebih lengkap, simak panduan cara membuat link Google Meet (Original) berikut:

  1. Buka aplikasi Google Meet (Original) dan login menggunakan akun Google yang terdaftar di ponsel kamu.
  2. Tap tombol Rapat Baru.
  3. Pilih menu Dapatkan link rapat untuk dibagikan.
  4. Setelah kamu mendapatkan Link Rapat, bagikan link tersebut ke teman atau Anggota Rapat.
  5. Saat kamu atau teman (Anggota Rapat) mengakses Link Rapat, Tap tombol Gabung untuk bergabung ke dalam Ruang Rapat di Google Meet (Original).
  6. Selesai, kamu telah berhasil membuat Link Rapat di Google Meet (Original) dengan mudah dan cepat pastinya.
  • Penting
    Pada menu membuat link rapat di Google Meet (Original) ada pilihan Mulai Rapat Instan, pada dasarnya menu ini sama saja dengan membuat Link Rapat Baru, hanya saja langkah membagikan Link Rapat -nya tidak diadakan namun kamu tetap bisa membagikan Link Rapat meskipun kamu sedang dalam kondisi mengikuti rapat di Google Meet (Original).

What’s Next: Kamu Pilih Zoom atau Google Meet?

Kurang lebih seperti itulah panduan cara membuat link Google Meet di HP Android dan iPhone, pada dasarnya panduan untuk membuat link rapat ini, baik di HP Android ataupun iPhone sama saja. Tidak ada perbedaan tampilan dan tutorial antar kedua smartphone ini saat menggunakan Google Meet.

Baca Juga:  20 Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone untuk Pemula

Cara membuat link rapat di Google Meet kurang lebih sama, bahkan untuk membuat link rapat Google Meet di laptop dan HP pun juga sama kok. Caranya mudah dan bisa dilakukan dengan cepat, untuk orang awam sekalipun pasti bisa hanya dengan sekali diberitahukan.

Dari sekian banyak aplikasi untuk melakukan video conference melalui online, kamu sendiri lebih suka pakai yang mana, pakai Zoom atau Google Meet? Kalau di Google Meet kamu bisa rapat sambil live streaming di YouTube, tetapi saya tidak tahu apakah di Zoom juga bisa melakukan hal itu atau tidak.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.