Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di HP dan Laptop

Browsing jadi lebih nyaman dan enak karena pakai Google Chrome

Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di HP dan Laptop
Febri Penulis

Kemarin saya sudah pernah membahas artikel tentang cara setting default browser di Windows, kali ini saya mau membahas topik yang sama tapi lebih spesifik, lebih ke cara membuat chrome menjadi default browser di HP dan laptop/komputer.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara membuat Chrome menjadi default browser di HP/laptop, kamu bisa buka Pengaturan menu Aplikasi Default > Pada pilihan menu Web Browser Default > Pilih Google Chrome > Selesai.

Browser Web Google Chrome merupakan sebuah aplikasi menjelajah di dunia internet, kebanyakan dari netizen Indonesia pasti merasa familiar dengan aplikasi ini karena kebutuhannya yang mendasar sebagai tempat mencari informasi.

Kalau kamu terbiasa menggunakan aplikasi buatan Google, seperti mesin pencarian Google, penyimpanan awan atau Google Drive. Pasti terbiasa menggunakan Google Chrome sebagai default browser, baik di laptop ataupun di HP.

Kalau saya sendiri saat ini menggunakan Microsoft Edge sebagai default browser di laptop dan Puffin Browser Pro sebagai default browser di HP Android.

Memang benar Google Chrome itu aplikasi penjelajah yang banyak digunakan orang-orang di dunia internet, tapi saya sendiri masih lebih nyaman saat menggunakan Microsoft Edge di laptop, dibandingkan Google Chrome.

Entah kenapa, saya memilih untuk meninggalkan Chrome saat Microsoft menghadirkan browser Microsoft Edge. Padahal di Google Chrome ada fitur Google Chrome PassKey yang bisa buat kamu login tanpa password.

Belum lagi fitur shortcut di Google Chrome yang memudahkan pengguna untuk menyari menu dan fitur lain yang ada di browser nomor 1 milik perusahan Google tersebut.

Baca Juga:  Cara Memperbesar Suara Laptop Hingga di Atas 100% dengan Fitur Loudness Equalization

Walaupun demikian, sampai saat ini saya masih setia menggunakan Microsoft Edge dibanding Google Chrome. Bagaimana dengan kamu?

Di Microsoft Edge juga punya fitur seperti Google Password Manager Android yang ada di aplikasi Chrome Mobile. Paling penting sih browser bagi saya adalah bisa terintregasi dengan akun email dan password yang tersimpan di akun email tersebut.

Karena Microsoft Edge punya fitur itu juga, makanya sampai sekarang saya masih setia pakai ini browser. Tetapi, demi pembaca urbandigital. Saya rela instal kembali browser Chrome di komputer, supaya saya bisa membuat panduan ini dengan lengkap dan jelas.

Tutorial Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser

Untuk kamu yang ingin tahu cara membuat Chrome menjadi default browser di HP ataupun laptop, saya sudah buatkan panduannya untuk kamu ikuti.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cara membuat chrome menjadi default browser di HP

Tutorial ini berdasarkan smartphone dengan Android 13 di ROG Phone 6, jika kamu menggunakan HP merek lain seperti Xiaomi, realme, Samsung, vivo, Oppo, ASUS, atau lainnya.

Sila sesuaikan saja dengan lokasi pengaturan di HP kamu, saya rasa menu -nya mirip-mirip ya. Walaupun beda merek, seharusnya tidak jauh berbeda dengan UI dari brand lain.

  1. Buka Pengaturan di smartphone kamu.
  2. Cari dan Tap menu Aplikasi & Notifikasi.
  3. Pada menu Aplikasi, pilih menu Aplikasi default.
  4. Tap menu Aplikasi Browser > Pilih Chrome sebagai Aplikasi Browser Default.
  5. Selesai, kamu telah berhasil mengatur aplikasi Google Chrome sebagai aplikasi Browser Default.
  • Tips
    Jika pengaturan di HP kamu terdapat menu pencarian, kamu bisa cari langsung menu Aplikasi Browser Default atau bisa juga dengan kata kunci “Browser Default“.

2. Cara membuat chrome menjadi default browser di laptop

Panduan untuk membuat Chrome menjadi default browser di laptop atau Windows 10/11 sama saja dengan mengganti Web Default Browser di Windows yang pernah saya bahas sebelumnya.

Baca Juga:  7 Cara Melihat Password Wifi di Windows 10, Sudah Pernah Coba? 

Namun jika kamu belum membacanya, kamu bisa ikuti panduan berikut:

  1. Buka menu Pencarian di Windows (menunya berada di sebelah ikon Windows) atau kamu bisa tekan tombol Windows + S pada keyboard.
  2. Ketik Default Apps > Klik Open.
  3. Pilih Google Chrome sebagai aplikasi Web Browser Default.
  4. Selesai, kamu telah berhasil menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi Browser Default di laptop/komputer.

What’s Next: Pakai Google Chrome Sebagai Browser Utama Memang Lebih Baik

Kurang lebih seperti itulah cara membuat Chrome menjadi default browser Android (HP) ataupun laptop Windows 10/11. Saya rasa panduan di atas cukup jelas dan mudah untuk dipahami orang awam sekalipun.

Google Chrome memang jadi salah satu browser yang digemari banyak orang karena mudah mengatasi sambungan tidak aman di browser, menghilangkan iklan di Chrome, bisa mematikan notifikasi Chrome di HP/laptop, dan sebagainya.

Ada banyak fitur dan keunggulan dari browser milik Google ini, selain itu kamu juga bisa menghubungkan akun Google ke browser Google Chrome.

Fitur ini tentu yang merupakan unggulan utama dari browser Google Chrome, karena bisa terintregasi dengan mudah ke aplikasi Google lainnya melalui sebuah browser saja.

Nah, buat kamu yang masih setia dengan browser punya Google, jangan lupa untuk jadikan selalu Google Chrome sebagai aplikasi default browser di HP ataupun laptop.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis dan sampaikan di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti yang saya tulis di atas melalui halaman urbandigital di Google News.