Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

8 Aplikasi Musik Terbaik untuk Android dan iPhone

Aplikasi musik yang cocok untuk menemani workout, senam, olahraga maupun belajar musik

8 Aplikasi Musik Terbaik untuk Android dan iPhone
Febri Content Writer

Mendengarkan musik sudah menjadi bagian dari keseharian kita sebagai manusia yang hidup di era serba digital seperti saat ini, tetapi tahukah kamu mana aplikasi musik terbaik yang cocok untuk kamu gunakan saat ingin mendengarkan musik sambil workout, meditasi, ataupun belajar musik?

  • Solusi Cepat
    8 Rekomendasi aplikasi musik terbaik gratis yang bisa kamu coba di HP ataupun laptop, yaitu: Langit musik, YouTube Music, Spotify, JOOX Music, Mi Music, Apple Music, Resso Musik, dan Deezer.

Kamu sendiri tahu kan kalau sehari-hari tuh kita sering dengerin musik, entah itu untuk menemani keseharian kita, dengerin lagu saat olahraga, ataupun memang hanya sekedar ingin mendengarkan musik untuk mencari ketenangan.

Kalau saya sendiri suka mendengarkan lagu untuk mencapai titik fokus saat menulis artikel, seperti saat saya menulis artikel ini saya mendengarkan beberapa lagu dan musik cover instrumental seperti gitar dan piano.

Lagu atau musik bisa membantu saya untuk bisa lebih fokus dari pada biasanya saat menulis artikel, saya pun memilih aplikasi musik terbaik yang menyediakan beberapa playlist pilihan yang sesuai dengan mood saat saya ingin mendengarkan lagu.

Seperti YouTube Music yang menyediakan rekomendasi playlist musik sesuai kebutuhan, misal lagu untuk fokus, lagu untuk energi atau bikin semangat, lagu untuk galau dan sebagainya.

Ada banyak aplikasi musik, namun tidak semua aplikasi musik yang tersedia di internet itu bagus dan enak untuk digunakan saat mendengarkan musik.

Banyak aplikasi yang sistemnya kurang bagus dalam memilihkan lagu sesuai dengan mood dan selera musik kita.

Daripada kamu salah-salah pilih aplikasi pemutar musik di laptop ataupun HP, lebih baik kamu cari-cari dulu mana aplikasi musik terbaik yang cocok dengan selera musik kamu.

8 Rekomendasi Aplikasi Musik Terbaik di HP dan Laptop Gratis

Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi aplikasi musik terbaik di Android (HP), iOS (iPhone), dan laptop (Windows/macOS). Saya sudah melakukan beberapa riset dan hasilnya ada 8 aplikasi musik terbaik menurut saya yang bisa kamu coba.

Silakan pilih dan download aplikasi musik terbaik di HP dan laptop berikut:

1. Langit Musik

Langit Musik

Langit Musik merupakan aplikasi streaming musik gratis buatan anak bangsa alias produk Indonesia. Di Langit Musik kamu bisa mendengarkan jutaan lagu Indonesia dari artis papan atas di tanah air. Langit Musik sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan rating apps rata-rata 4.4 dengan 137 ribu ulasan.

Baca Juga:  Cara Logout Gmail di HP Android dan iPhone Terbaru dan Terlengkap

Ada banyak rekomendasi lagu baru dan lagu viral sesuai dengan tren musik yang sedang terjadi di Indonesia. Kamu bisa menggunakan aplikasi Langit Musik secara gratis atau berlangganan paket premium. Ada banyak manfaat dan benefit yang bisa kamu dapatkan dari langganan Langit Musik.

2. YouTube Music

YouTube Music

YouTube Music merupakan platform streaming music dari YouTube, saya sendiri menggunakan YouTube Music sebagai aplikasi streaming music baik di HP ataupun laptop. YouTube Music sudah diunduh lebih dari 1 miliar dan rating apps rata-rata 4.2 dengan 3 juta lebih ulasan dalam apps.

Enaknya YouTube Music bisa nyanyi sambil baca lirik secara real-time dan memiliki jumlah lagu terlengkap saat ini, apa saja yang ada di YouTube maka akan ada di YouTube Music. Termasuk musik DJ asal Indonesia dan Remix. Ada banyak lagu yang mudah dicari di YouTube Music. Kualitas Audio -nya pun tidak kalah saing jernihnya (Hi-res).

3. Spotify: Musik dan Podcast

Spotify

Spotify merupakan aplikasi streaming yang digemari banyak orang, sama seperti YouTube Music. Spotify sudah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna dan rating apps rata-rata 4.3 dengan 27 juta lebih ulasan dalam apps.

Lagu artist papan atas ada di aplikasi Spotify, lagu yang ada di dalam aplikasi semuanya adalah lagu resmi yang memiliki label. Berbeda dengan YouTube Music yang menyediakan semua jenis lagu, sedangkan Spotify hanya lagu yang memiliki lisensi dari label musik saja yang tersedia di dalamnya.

4. JOOX Music – Live and Karaoke

Rekomendasi Aplikasi Karaoke Terbaik untuk Smartphone & Laptop Gratis - JOOX

JOOX Music merupakan aplikasi musik buatan Tencent Mobility Limited yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan rating apps 4.4 dengan 6.3 juta lebih ulasan pengguna di dalam aplikasi.

JOOX Music bisa diakses dengan gratis dan juga premium, selain untuk aplikasi pemutar lagu, bisa juga digunakan sebagai aplikasi karaoke. Jadi kamu bisa menentukan ingin berlangganan atau hanya ingin mengakses aplikasi JOOX Music untuk mendengarkan musik.

5. Mi Music

Mi Music

Mi Music merupakan aplikasi streaming lagu dari Xiamoi, terdapat lebih dari 30 juta lagu yang bisa kamu dengarkan secara online ataupun offline dengan aplikasi Mi Music. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna dan rating apps 4.1 dengan 2.3 juta lebih ulasan pengguna.

Aplikasi Mi Music gratis dan bisa kamu gunakan secara bebas tanpa harus berlangganan, kamu juga bisa mengunduh lagu di Mi Music untuk diputar lagi saat offline. Aplikasi streaming music ini hanya tersedia di Google Play alias Android saja.

6. Apple Music

Apple Music

Apple Music merupakan aplikasi streaming music khusus dari Apple, berbeda dengan Mi Music yang hanya tersedia di Android saja. Apple Music hadir di Google Play dan App Store, Apple Music sudah diunduh lebih dari 100 juta lebih pengguna dan rating apps 4.7 dengan 500 ribu lebih ulasan pengguna.

Baca Juga:  Infinix Zero Ultra Akan Debut dengan Kamera 200MP dan Pengisian 180W

Apple Music menghadirkan lagi hingga 100 juta lebih yang bisa kamu dengarkan di aplikasi musik buatan Apple ini, namun untuk bisa menikmati lagu di Apple Music kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Harga termurah RP55.000/bulan dan kamu bisa mencoba gratis 1 bulan pertama.

7. Resso Musik – Playlist & Lirik

Resso Musik - Playlist & Lirik

Resso merupakan aplikasi streaming musik online dari Moon Video Inc., aplikasi stream musik ini memiliki fitur seperti synchronized lirik dan kamu juga bisa mengunduh lagu di Resso. Aplikasi Resso sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan rating apps 3.8 dengan 3.29 juta lebih ulasan di aplikasi Resso.

Kamu tahu, kalau di TikTok saat ada lagu viral biasanya muncul ikon menu khusus bertulisan resso di sebelah lagunya. Aplikasi ini sering muncul dan direkomendasikan sama TikTok untuk mendengarkan lagu-lagu viral di TikTok, ada banyak fitur gratis yang bisa kamu dapatkan di Resso.

8. Deezer – Musik & Podcast

Dezeer

Deezer merupakan aplikasi streaming lagu berbayar yang bisa diunduh di berbagai perangkat seperti mobile (Android/iOS) dan desktop (Windows/macOS). Aplikasi musik ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan rating apps 4.2 dengan 3 juta lebih ulasan pengguna di aplikasi.

Kamu bisa mendengarkan 90 juta lebih lagu dan podcast di Deezer dengan berlangganan akun premium sebesar Rp157.800,-/bulan atau mencobanya secara gratis selama 30 hari. Kamu bisa menikmati berbagai benefit yang ditawarkan Deezer, seperti pemutar musik offline dan bebas iklan.

What’s Next: Pilih lah Aplikasi Musik Terbaik untuk Teman Mendengarkan Lagu!

Kurang lebih itu saja rekomendasi aplikasi musik terbaik yang bisa saya kasih tahu ke kamu, sebenarnya ada banyak aplikasi streaming lagu di HP ataupun laptop. Namun tidak semua saya masukkan ke dalam link aplikasi terbaik di sini karena tidak semuanya bagus untuk dicoba.

Supaya kamu tidak pusing atau kesulitan memilih aplikasi untuk mendengarkan lagu yang bagus, di artikel ini sudah saya rangkum dan sarankan ke kamu untuk dicoba. Jadi saya sudah pilihkan ke kamu aplikasi terbaik dari yang terbaik.

Baca Juga:  Cara Mengganti Wallpaper iPhone Lengkap, Sesuai Fitur iOS 16 Terbaru

Indikator yang saya gunakan dalam menentukan aplikasi mendengarkan lagu terbaik ini dari jumlah unduh aplikasi tersebut di Google Play dan App Store serta seberapa tinggi rating aplikasi tersebut.

Dari hasil riset itu lah saya bisa menentukan mana aplikasi streaming musik yang cocok untuk kamu gunakan di HP ataupun laptop. Ada beberapa aplikasi yang gratis dan juga berbayar, walaupun sebagian aplikasi streaming lagu itu kebanyakan berbayar dari pada gratisan.

Jika kamu suka aplikasi gratisan untuk mendengarkan lagu, saran saya pakai saja aplikasi YouTube Music. Selain gudang lagunya banyak, aplikasi YouTube Music bisa diakses bebas tanpa batas. Bahkan kamu bisa menghilangkan iklan di YouTube Music secara mudah.

Dari sekian banyak aplikasi streaming music online/offline saya pribadi lebih suka pakai YouTube Music, saya pun berlangganan YouTube Premium setiap bulannya karena saya aktif menggunakan aplikasi YouTube untuk nonton video dan juga mendengarkan YouTube music sekaligus.

Jadi kalau ditanya mana lebih worth it berlangganan aplikasi streaming musik di HP ataupun laptop, maka saya akan jawab YouTube musik adalah jawaban paling worth it dan pastinya akan selalu saya rekomendasikan.

FAQ: Tentang Aplikasi Musik Terbaik di HP & Laptop

Apa bedanya aplikasi pemutar musik dan aplikasi musik?

Aplikasi pemutar musik itu aplikasi yang bisa memutar musik namun tidak menyediakan fitur streaming lagu, sedangkan aplikasi musik itu kamu bisa memutar lagu tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Aplikasi musik yang bagus untuk teman workout?

Sebenarnya ada banyak pilihan, namun saya rekomendasikan ke kamu untuk coba menggunakan Spotify atau YouTube Music.

Mana lebih bagus Spotify atau YouTube Music?

Kalau saya lebih milih YouTube Music karena bisa diakses secara gratis dan jumlah lagu lebih banyak jika dibandingkan di Spotify.

Apa aplikasi musik yang ringan?

Jika kamu mencari aplikasi musik atau pemutar musik yang ringan, kamu bisa coba YouTube Music.

Aplikasi musik yang cocok untuk iPhone?

Untuk pengguna iPhone, kamu bisa coba Apple Music ataupun Spotify.

Apa aplikasi paling bagus untuk HP Android?

Kamu bisa baca rangkuman dari 8 rekomendasi aplikasi musik terbaik yang sudah saya tulis di atas, silakan coba saja satu persatu. Kalau dari saya pribadi, saya lebih suka YouTube Music.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis dan sampaikan di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti yang saya tulis di atas melalui halaman urbandigital di Google News.